...
0
0
Hubungan Relasi , Masalah Emosi , Trauma

Alasan Mengapa Kamu Terus Dihantui dengan Rasa Takut Ditinggalkan

avatar Ratri Aisyah 25 Aug 2022 168 Pembaca
25 Aug 2022 168 Pembaca

Pernahkah kamu merasa seringkali secara tak sadar berpikir tentang kemungkinan terburuk dari suatu hubungan yang sedang kamu jalani? 


Takut merasa diabaikan, takut ditinggalkan atau merasa sendiri seolah tak memiliki rumah untuk pulang.


Perasaan takut tersebut kemudian menarikmu lebih jauh dan membuatmu tenggelam dalam perasaan yang sulit untuk kamu terima dan jelaskan. Mungkin, hal tersebut merupakan tanda jika kamu memiliki luka batin masa kecil atau inner child.


Definisi


Inner child adalah versi anak anak dalam dirimu yang membawa luka masa kecilmu. Luka masa kecil ini umumnya akan menyebabkan reaksi emosional yang intens dan perilaku maladaptif yang mengganggumu sebagai orang dewasa.



BACA JUGA : Banyak Orang Dewasa yang Menyimpan Trauma



Penyebab


Perasaan tidak aman atas suatu hubungan kemungkinan bersumber dari pengabaian orang tua semasa kita kecil. Tidak diberikan dukungan secara emosional, bahkan ruang untuk mengekspresikan emosi. Hal ini kemudian membuat versi kecil dirimu dulu merasa sendiri dan memunculkan berbagai emosi sebagaimana yang kamu rasakan saat ini.


Rasa sakit yang tertahan ini kemudian terbawa hingga saat ini, dan muncul saat kamu mengalami hal yang mirip sebagaimana sikap orang tuamu dulu. Sehingga, kamu perlu memulihkan luka inner child agar mampu menjalani hidup lebih positif dan bermakna.



Menemukan Inner Child


Beberapa dari kita mungkin kesulitan untuk mengungkap tentang bagaimana bentuk inner child yang ada dalam diri. Kamu dapat menemukannya melalui beberapa cara.


  1. Habiskan waktu bersama anak-anak. 

  2. Lihatlah foto-foto lama untuk mengembalikan kenangan masa kecil. 

  3. Luangkan waktu untuk melakukan apa yang kamu nikmati (mis. bermain-main, tertawa) 

  4. Tulis surat untuk inner child dalam dirimu. 

  5. Baca kembali jurnal diri tentang momen spesial semasa kecil. 


BACA JUGA : Alasan Mengapa Memori Traumatis Sulit Dilupakan



Tips mengelola inner child


Berikut adalah beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi inner child dalam dirimu.


  1. Sadari bahwa mengalami rasa kehilangan atau sendiri adalah bagian dari proses penerimaan


  2. Jadilah pengamat dinamika dan pola perilakumu sendiri. Kenali dan pelajari lebih banyak tentang luka itu, sehingga kamu akan mampu menemukan cara untuk meredakannya.


  3. Kita mungkin merasa seperti anak-anak atau remaja kembali saat berinteraksi dengan orang tua dan anggota keluargamu. Sadarilah bahwa perasaan tidak bisa hilang begitu saja. Terlebih lagi, jika kita terus diperlakukan sama.


  4. Berikan diri penerimaan dan belas kasih sekalipun berada dalam kegiatan yang menuntut kita untuk menikmatinya. Tak masalah untuk membiarkan diri berfokus pada apa yang kita butuhkan.


Namun, untuk menghayati dan memahami luka masa kecil tentu bukan hal yang mudah untuk diterapkan. 


Jika kamu merasa sulit untuk mengungkap dan mengelola inner child dalam dirimu, kamu dapat memanfaatkan beberapa layanan yang disediakan ibunda, seperti konseling atau kelas online di Insightme.id.


Klik disini untuk dapatkan konseling! atau;


Klik disini untuk dapatkan akses kelasnya!



Sumber:

Psychology Today

Masih Mau Baca-Baca Lagi?
Coba Cek Artikel Ini!

Hubungan Relasi , Pernikahan Efek Psikologis yang Kamu Rasakan Setelah Diselingkuhi

Siapa yang tidak kecewa setelah diselingkuhi? Selingkuh mungkin jadi hal yang sangat sulit untuk dimaafkan dan tidak bisa ditolerir dalam hubungan. Ti ...

Masalah Emosi 5 Alasan Mengapa Laki-Laki Memilih untuk Menyembunyikan Emosi

“Jangan nangis, kamu kan laki-laki” adalah salah satu dari banyaknya ungkapan yang ditujukkan untuk laki-laki sedari kecil. Akibatnya, tanpa di ...

Hubungan Relasi , Keluarga 7 Tips Menghadapi Kumpul Keluarga Saat Lebaran

Bertemu dan berkumpul bersama keluarga besar memang sudah menjadi tradisi lebaran di Indonesia. Mengunjungi satu sama lain untuk bersilaturahmi dan me ...

Komentar ( 0 )

Silakan verifikasi email '' untuk menggunakan layanan Ibunda.id