...
0
0
Masalah Diri

Alasan Orang Depresi Menghabiskan Waktu Lama untuk Mandi

avatar Maftukhatus Sakiinah 10 May 2024 0 Pembaca
10 May 2024 0 Pembaca

Pernahkah kamu melihat orang depresi mandi dalam waktu yang lama? Bagi sebagian penderita depresi mereka mungkin kesulitan untuk melakukan pekerjaan kecil seperti mandi dan bersih-bersih, namun bagi sebagian yang lain mereka justru dapat mandi dalam waktu yang lama, bahkan hingga berjam-jam. Berikut ini akan dibahas lebih lanjut penyebab orang depresi menghabiskan waktu lama untuk mandi.


Kondisi depresi merupakan suatu masalah mental yang sangat kompleks, yang tidak hanya berkaitan dengan kondisi psikis tapi juga perubahan struktur dan fungsi otak. Kedua hal ini menimbulkan banyaknya gejala yang beragam pada penderita depresi yang mengganggu kehidupan mereka sehari-hari.


Salah satu perubahan besar yang terlihat pada penderita depresi adalah bagaimana mereka menjalani aktivitas kecil yaitu membersihkan diri sendiri. Penderita depresi sering terlihat pada bagaimana cara mereka merespon suatu stimulus dengan menjadi sangat berlebihan atau tidak sama sekali. Sehingga tidak jarang banyak yang menganggap depresi sama dengan malas


Baca Juga: Mengapa Depresi Membuatmu Ingin Tidur Terus Menerus?


Begitu pula dengan aktivitas mandi atau membersihkan diri, ada sebagian penderita depresi yang menghabiskan waktu sangat lama hanya untuk mandi. Di bawah ini adalah beberapa alasan mengapa orang depresi mandi selama berjam-jam.

  1. Butuh Ruang untuk Menenangkan Diri

Depresi ditandai dengan pikiran-pikiran negatif yang terus bermunculan sehingga membuat penderitanya merasa sangat tertekan. Akibatnya, mereka merasakan kelelahan yang hebat dan membutuhkan suasana dan ruang yang terasa menenangkan dan aman untuk berlindung dari tekanan tersebut.


Dengan membersihkan diri mereka mendapati ruang aman yang khusus untuk diri mereka sendiri. Mereka merasakan kebebasan karena tidak adanya orang lain sehingga membuat mereka ingin terus berlama-lama saat mandi. 


Ditambah aliran air hangat membuat mereka merasakan kehangatan, mengurangi ketegangan dan merelaksasi saraf yang dapat menenangkan efek fisik stres pada tubuh.


Selain itu, banyak dari penderita depresi yang juga merasa tidak ada tempat baginya untuk berbagi dan meminta bantuan. Sehingga mereka merasa bahwa kamar mandi adalah ruang yang aman bagi mereka untuk memproses berbagai emosi yang sulit.

  1. Pelarian dari Realita dan Lingkungan

Banyak penderita depresi yang berusaha menarik diri dari kondisi diri dan lingkungan mereka. Baik karena mendapat perilaku yang tidak menyenangkan atau karena merasa lelah untuk berhubungan dengan orang lain.


Mereka mungkin tidak bisa berpergian jauh dari lingkungan, sehingga memilih mandi dan membersihkan diri sebagai bentuk pelarian mereka dari realitas lingkungan dan isi kepala yang ramai.


Mandi membuat mereka sibuk dengan berbagai aktivitas membersihkan diri sendiri sehingga mereka dapat melupakan realita yang menekannya di luar sana serta perasaan putus asa yang tengah mereka alami. Mereka tidak ingin menyelesaikan mandi sampai mereka merasa situasi di luar sana sudah mereda atau dapat terkendalikan.


Baca Juga: Jika Dibiarkan Tak Terobati, Otak Bisa Rusak Karena Depresi

  1. Meningkatkan Energi dan Suasana Hati

Mandi tidak hanya sekedar untuk membersihkan diri, mandi juga dapat membuat tubuh mendapatkan kembali energi setelah seharian beraktivitas. Dengan manfaat ini mereka terus mandi berulang kali agar terus merasa segar dan berenergi.


Selain itu mandi dengan air dingin juga membantu mereka meregulasi hormon dan meningkatkan suasana hati mereka secara keseluruhan. Mereka pun berusaha mempertahankannya dengan mandi tanpa henti. 

  1. Meredakan Rasa Sakit

Penderita depresi merasakan sakit emosional yang sangat dalam. Mereka tidak bisa begitu saja menghilangkan rasa sakit tersebut sehingga memilih jalan yang mudah untuk meredakannya.


Mandi dengan air panas menjadi cara mereka untuk menyatukan rasa sakit tersebut pada tubuh. Dengan aliran air ini mereka dapat meredakan rasa sakit mereka sementara waktu dan melepaskan diri dari perasaan dan emosi negatif yang membebani mereka.

  1. Hasil Perubahan Pola Berpikir

Depresi tidak hanya ditandai dengan perubahan emosional tapi juga perubahan fisik tubuh, termasuk otak yang mempengaruhi cara berpikir. Mereka tidak bisa berpikir secara sehat sehingga menganggap mandi yang lama sebagai mekanisme untuk mengatasi rasa sakitnya.


Selain itu depresi juga mempengaruhi kemampuan mereka dalam mengingat. Mereka mungkin lupa bahwa mereka telah mandi sehingga terus mengulanginya hingga berjam-jam.


Mandi adalah pekerjaan kecil yang perlu diapresiasi pada penderita depresi jika mereka mau berusaha melakukannya. Namun jika mandi terus dilakukan dalam waktu yang lama, tentu tidak akan berdampak baik bagi kesehatan.


Baca Juga: Saat Merasa Depresi, Kapan Harus ke Psikolog


Mandi berjam-jam bukanlah mekanisme penanganan yang tepat. Datangilah para profesional agar kamu bisa mendapatkan penanganan dan perawatan yang lebih tepat dan sehat. Mendatangi profesional bukanlah tanda bahwa kamu lemah, tapi tanda bahwa kamu menyayangi dirimu dan ingin dirimu menjalani kehidupan yang lebih baik.


Kamu bisa memulainya dengan melakukan konseling bersama psikolog profesional di Ibunda.id untuk berbagi atas apa yang kamu rasakan dan alami saat ini. Bersama profesional kamu bisa menemukan jalan terbaik meredakan gejala depresi yang kamu ini.


Kamu juga bisa mengisi waktumu dengan belajar dalam kelas Insightme.id “Saatnya Bangkit Dari Jerat Depresi” bersama dr. Jiemi Ardian, Sp.Kj atau mengikuti webinar dan meditation space “Healing Session for Depression: Memulihkan Bagian Diri yang Terluka Dibalik Depresi” bersama Annisa Poedji Pratiwi, S.Psi., M.Psi., Psikolog.


Hubungi kami untuk info selengkapnya.


Referensi:

- Psyclehealth

- Calmsage

- Valleyoaks

Kategori : Masalah Diri

Masih Mau Baca-Baca Lagi?
Coba Cek Artikel Ini!

Masalah Diri Alasan Orang Depresi Menghabiskan Waktu Lama untuk Mandi

Pernahkah kamu melihat orang depresi mandi dalam waktu yang lama? Bagi sebagian penderita depresi mereka mungkin kesulitan untuk melakukan pekerjaan k ...

Masalah Diri Mengapa Depresi Membuatmu Ingin Tidur Terus Menerus?

Banyak orang yang berada di sekitar penderita depresi merasa lelah melihat orang depresi terus tidur dalam waktu yang lama. Mereka melewatkan jam maka ...

Masalah Diri Self Gaslighting Pada Penderita Depresi

Gaslighting merupakan pola perilaku manipulatif yang umumnya terjadi dalam satu hubungan toxic. Sementara itu, beberapa orang mungkin secara tidak sad ...

Komentar ( 0 )

Silakan verifikasi email '' untuk menggunakan layanan Ibunda.id