...
0
0
Pernikahan , Pranikah , Seksualitas

Hal-hal yang Perlu Kamu Ketahui Saat Akan Melakukan Hubungan Seksual Pertama Kali

avatar Ratri Aisyah 09 Jun 2022 166 Pembaca
09 Jun 2022 166 Pembaca

Saat akan melakukan hubungan seksual pertama kali kita mungkin akan merasa takut dan ragu, terutama untuk kamu yang akan menikah. Pertanyaan-pertanyaan seperti apa yang terjadi pada diri kita saat pertama kali melakukannya? Akankah sakit dan menyiksa? Bagaimana perasaan setelahnya?


Kekhawatiran ini sebenarnya normal, tetapi rumor dan mitos yang beredar di antara teman-teman kita dan maupun informasi di internet kadang menciptakan ketakutan berlebihan. 


Oleh sebab itu, penting untuk kamu memahami apa yang mungkin terjadi selama dan setelah berhubungan seks, baik secara fisik maupun emosional.



Apa yang terjadi pada tubuh saat berhubungan seks? 

Saat pertama kali melakukan hubungan seksual, tubuh kita akan mengalami perubahan. Beberapa diantaranya sama bagi laki-laki maupun perempuan, seperti tubuh menjadi lebih sensitif, detak jantung kencang, dan nafas menjadi berat.


Bagi perempuan, kita mungkin vagina kita terasa lembab. Sedangkan bagi laki-laki, penis akan terasa kencang dan bertambah ukuran sebagai bagian dari ereksi. 



Bagi perempuan, apakah sakit ketika kita berhubungan seks pertama kali?

Kontak seksual mungkin terasa aneh pada awalnya karena merupakan sensasi yang tidak biasa. Bagi sebagian perempuan mungkin akan terasa sakit dan nyeri, hal ini umumnya dapat dijelaskan melalui beberapa hal berikut ini.

  1. Terjadi robekan pada selaput dara saat pertama kali penetrasi.

  2. Kita merasa tegang dan tidak sepenuhnya nyaman.

  3. Vagina kering dan tidak terlubrikasi dengan baik.


Untuk mengatasinya, habiskan banyak waktu untuk foreplay seperti mencium, membelai, menggoda, atau menjelajahi bagian tubuh masing masing pasangan. 




BACA JUGA : Takut Menikah, Apakah Aku Mengalami Gamophobia?




Bagi laki-laki, bisakah seks pertama kali merusak penis? 


Beberapa orang khawatir bahwa frenulum dapat robek saat penetrasi pertama kali. Frenulum merupakan pita pendek jaringan yang menghubungkan kulup ke kepala penis yang tidak disunat.


Hal ini tidak selalu terjadi. Namun kasus terlukanya penis dapat disebabkan oleh beberapa hal berikut ini.

  • Berhubungan seks berkali-kali dalam satu waktu.

  • Melalui aktivitas non seksual, seperti mengendarai sepeda. 


Frenulum yang robek bisa terasa menyakitkan dan menyebabkan sedikit pendarahan, tetapi cedera ini akan sembuh dengan sendirinya.




Bagaimana perasaan kita setelahnya?


Pengalaman seks pertama kali berbeda untuk setiap orang. Beberapa mungkin merasa bahagia, emosional, lega, cemas, atau mereka mungkin tidak memiliki respons emosional tertentu. Tidak ada reaksi yang benar atau salah untuk berhubungan seks untuk pertama kalinya. 


Pengalaman seks pertama kali tidak perlu menjadi peristiwa yang membuat stres. Memahami apa yang diharapkan dan apa yang mungkin terjadi dapat membantu kita mempersiapkan diri, baik secara fisik maupun emosional. Namun, kamu juga perlu untuk mulai belajar cara yang tepat menghadapi kehidupan seksual setelah menikah. 


Informasi di internet memang banyak, tapi tidak semua yang beredar benar adanya. Alangkah baiknya, kamu memilih untuk belajar langsung dari ahlinya melalui kelas online “Mengenal Seksualitas (18+)” di Insight Me.


Informasi lebih lanjut, kunjungi website insightme.id.


Referensi:

Medical news today


Masih Mau Baca-Baca Lagi?
Coba Cek Artikel Ini!

Pernikahan , Pranikah Ciri-Ciri Pasangan yang Kamu Harus Berhati-hati Sebelum Menikah

Seumur hidup itu terlalu lama bersama orang yang gak tepat. Jika saat ini kamu memiliki rencana untuk melanjutkan hubungan ke jenjang pernikahan, kamu ...

Hubungan Relasi , Pernikahan Efek Psikologis yang Kamu Rasakan Setelah Diselingkuhi

Siapa yang tidak kecewa setelah diselingkuhi? Selingkuh mungkin jadi hal yang sangat sulit untuk dimaafkan dan tidak bisa ditolerir dalam hubungan. Ti ...

Pernikahan , Pranikah 7 Bare Minimum Pernikahan Agar Lebih Bahagia

Pernikahan adalah salah satu fase kehidupan yang banyak dialami oleh orang dewasa. Sayangnya, saat ini masih banyak orang yang belum menjalani pernika ...

Komentar ( 0 )

Silakan verifikasi email '' untuk menggunakan layanan Ibunda.id