...
0
0
Gangguan Kepribadian , Hubungan Relasi , Masalah Diri , Masalah Emosi

Saat Merasa Depresi, Kapan Harus ke Psikolog

avatar Athiya Nur Azzahra 07 Nov 2023 991 Pembaca
07 Nov 2023 991 Pembaca

Depresi. Satu kata yang erat kaitannya dengan perasaan sedih, sendiri, sepi, bahkan putus asa.

Depresi adalah ketika seseorang tidak lagi merasakan kehidupan yang sepenuhnya hidup. Kondisi ini tentunya jangan sampai dibiarkan terlalu lama atau akan semakin banyak lagi makna hidup yang akan dilewatkan. Agar tidak salah langkah, yuk kita kenali tanda-tanda depresi dan kapan seseorang harus dibawa ke psikolog akibat depresi.

Depresi Menurut Psikiater

Depresi menurut Psikiater dr. Jiemi Ardian, Sp.KJ adalah kondisi di mana seseorang hidup tapi tidak sepenuhnya hidup. Ia tetap berjalan dan tertawa, tapi tak bisa lagi merasakan kehidupan sepenuhnya. Pada beberapa kasus, depresi berakibat pada sulitnya seseorang untuk melakukan aktivitas sehari-hari, bahkan untuk aktivitas mudah seperti menyimpul tali sepatu dan aktivitas ringan lainnya. Seseorang yang sedang mengalami depresi juga cenderung kehilangan motivasi bahkan tidak bergairah lagi untuk menjalankan hobby yang sebelumnya ia sukai. 

Tanda-tanda depresi

Gejala atau tanda-tanda orang depresi umumnya bisa dirasakan baik dari segi fisik maupun emosional. Namun dalam beberapa kasus, tak jarang gejala ini muncul tanpa disadari. Inilah tanda-tanda depresi sekaligus ciri-ciri depresi tanpa disadari pada seseorang:

  • Sering lelah meski sudah istirahat lama

  • Gelisah dan susah konsentrasi

  • Pola makan dan tidur berubah

  • Sering merasa nyeri tanpa sebab


Sedangkan dari sisi emosi, tanda depresi dapat berbentuk:

  • Terus merasa sedih, cemas, dan mudah marah

  • Menarik diri dari orang lain

  • Merasa tidak berharga

  • Merasa kehilangan harapan

  • Muncul pikiran untuk mengakhiri hidup

Kapan harus ke psikolog

Penting untuk mengetahui kapan seseorang yang depresi perlu mendapatkan bantuan profesional, terlebih jika gejala depresi yang dirasakan sampai mengganggu aktivitas dan juga hubungan dengan lingkungan sosial maupun keluarga.


Penting juga untuk mawas diri terhadap gejala depresi. Pasalnya, tidak sedikit seseorang sudah mengalami tanda-tanda depresi, namun mereka tidak menyadarinya. Depresi menurut psikolog adalah keadaan di mana seseorang menjalani hidup tanpa merasakan kehidupan dan juga kebahagiaan. Tanda-tanda depresi pada seseorang bisa muncul dari segi fisik maupun emosional. Namun, tak sedikit juga orang yang menyadarinya.


Jika gejala depresi yang dirasakan semakin mengganggu keseharian, maka langkah paling tepat yang harus diambil adalah dengan menemui seorang profesional atau psikolog agar tidak semakin jauh merasakan akibat depresi.


Untuk kamu atau mungkin orang terdekatmu saat ini sedang mengalami masalah ini, yuk, jangan takut untuk bertemu dengan psikolog agar perasaan tidak nyaman ini segera bisa kamu atasi. Khusus untuk kamu yang berdomisili di Jakarta dan Bandung, kamu bisa menemui psikolog Ibunda.id untuk mencoba bangkit dari depresi. Semangat, ya!


Masih Mau Baca-Baca Lagi?
Coba Cek Artikel Ini!

Masalah Diri Alasan Orang Depresi Menghabiskan Waktu Lama untuk Mandi

Pernahkah kamu melihat orang depresi mandi dalam waktu yang lama? Bagi sebagian penderita depresi mereka mungkin kesulitan untuk melakukan pekerjaan k ...

Masalah Diri Mengapa Depresi Membuatmu Ingin Tidur Terus Menerus?

Banyak orang yang berada di sekitar penderita depresi merasa lelah melihat orang depresi terus tidur dalam waktu yang lama. Mereka melewatkan jam maka ...

Hubungan Relasi , Pernikahan Efek Psikologis yang Kamu Rasakan Setelah Diselingkuhi

Siapa yang tidak kecewa setelah diselingkuhi? Selingkuh mungkin jadi hal yang sangat sulit untuk dimaafkan dan tidak bisa ditolerir dalam hubungan. Ti ...

Komentar ( 0 )

Silakan verifikasi email '' untuk menggunakan layanan Ibunda.id