...
0
0
Gangguan Kepribadian , Hubungan Relasi , Parenting , Pengembangan Diri , Trauma

Trauma Akibat Pengalaman Buruk Diabaikan dan Ditinggalkan

avatar Athiya Nur Azzahra 13 Sep 2022 202 Pembaca
13 Sep 2022 202 Pembaca

Sebagai manusia yang memiliki perasaan dan hati, wajar banget sebenarnya buat memiliki trauma. Trauma sendiri sebenarnya merupakan respon emosional yang terjadi, ketika kita mengalami peristiwa mengerikan dan menyedihkan. Misalnya, kecelakaan, bencana alam, atau hal-hal buruk lainnya. 


Bentuk Respons Trauma

Tiap orang memiliki respons trauma yang beragam dalam menghadapi tekanannya. Misalnya flashback yang membuat sedih dan down, perasaan tegang dan sakit hati, hingga gejala fisik seperti sakit kepala dan mual.


Setidaknya, ada 4 tipe seseorang dalam merespon trauma yang datang


Fight

Tipe yang selalu ingin bertarung melawan segala masalah dengan mengontrol keadaan. Kamu tipe yang fight, sebenarnya sangat membutuhkan penerimaan, cinta, dan keamanan nggak kamu dapatkan waktu kecil. Biasanya, kamu akan memilih bertahan merasakan rasa sakit yang ada, meskipun nggak jarang kamu juga dihampiri ketakutan dan masalah diri lainnya.


Flight

Tipe yang melarikan diri atau menyangkal rasa sakit, sulit, dan gejolak emosi yang muncul. Kamu yang nggak mendapatkan apresiasi sewaktu kecil akan cenderung menghindari konflik agar kamu merasa nyaman.


Dalam merespon trauma, tipe orang seperti ini akan banyak “kabur” seperti terlalu bergantung pada pasangan, menyalahkan orang lain, atau yang lebih baiknya, dengan mendiskusikan masalahnya dengan orang.


Freeze

Tipe ini, ketika dilanda trauma, seseorang dengan trauma akan lebih memilih untuk mengambil jeda lebih dulu daripada merasakan sakit atau kegagalan diakhirnya. Nggak salah sih, mengambil jeda disini bisa kamu gunakan untuk beristirahat, mencari cara keluar dari masalah, hingga konseling jika memang diperlukan.


Fawn

Tipe respon “rusa” ini menggambarkan kamu yang suka berusaha untuk dapat pujian sebelum menemukan masalah. Biasanya, sikap ini berkembang dari masa kecil yang ingin menyenangkan orang lain agar mendapatkan perhatian.


Beberapa cara yang nyata dilakukan jika seseorang dengan tipe fawn ketika merasakan trauma. Misalnya, menyiapkan diri dengan merapihkan emosi dan menjaga beberapa hal yang mungkin aja bisa menimbulkan trauma “naik” keatas alam sadar. 


BACA JUGA: Alasan Mengapa Memori Traumatis Sulit Dilupakan


Penyebab Abandonment Trauma

Ada beberapa hal yang cukup jelas dapat mempengaruhi abandonment trauma. Misalnya..


Pengalaman buruk terkait perpisahan, perceraian, atau perselingkuhan

Adanya peristiwa meninggalnya seseorang secara mendadak

Pengasuhan yang buruk atau kurang memadai dari orang tua


Tanda-tanda Kamu Memiliki Abandoment Trauma

Beberapa hal ini memang cukup membedakan abandonment trauma dengan trauma lainnya


Dipenuhi kecemasan dalam setiap harinya

Kesulitan mempercayai orang lain dan mengembangkan relasi

Seringkali kurang percaya diri dan memiliki ketergantungan yang berlebihan pada seseorang yang dipercayai

Lebih memilih menghindari orang atau situasi yang nggak nyaman

Seringkali berusaha mengatur emosi diri sendiri

Panik akan ditinggalkan, dibiarkan sendiri, atau disakiti orang lain

Menetap dihubungan yang tidak sehat 


BACA JUGA: Childhood Trauma, Trauma yang Berkembang dari Kecil Hingga Dewasa


Sikap yang Bisa Kamu Hadapi Saat Mengalami Abandonment Trauma

Tiga poin dan langkah yang bisa kamu ambil dalam menghadapi trauma, yuk coba kita pelajari


Mengakui keberadaannya

Masalah atau trauma mungkin aja memang mengakar alias sulit untuk dihilangkan. Namun, disini kamu perlu bersikap jujur ​​tentang pikiran, emosi, dan ketakutanmu sendiri agar kamu dapat mulai mengubahnya.


Refleksi diri untuk mulai merubahnya

Setelah mengakuinya, kamu perlu mengajak pikiran, perasaan, dan perilakumu untuk terlibat dalam strategi perawatan diri dengan mencari hobi atau aktivitas yang positif untuk memperkuat diri dalam menghadapi trauma. Jangan lupa juga untuk melakukan hal-hal primer dalam hidup seperti tidur teratur, makanan seimbang, dan tetap olahraga


Maafkan masa lalu serta minta dukungan orang dimasa kini

Katakan kepada orang terdekatmu saat ini terkait trauma yang kamu miliki. Selain itu, kamu juga bisa mencari pendampingan psikolog apabila traumamu mengganggu kehatan dan hubunganmu dengan orang lain. 


BACA JUGA: Tips Bangkit Dari Trauma Masa Kecil


Sulit memaafkan masa lalu dan selalu hidup dimasa lalu? Coba satu sesi konseling di ibunda. Miliki coping mechanism yang baik untuk dirimu ya.


sumber: themindsjournal.com & verywellmind




Masih Mau Baca-Baca Lagi?
Coba Cek Artikel Ini!

Hubungan Relasi , Pernikahan Efek Psikologis yang Kamu Rasakan Setelah Diselingkuhi

Siapa yang tidak kecewa setelah diselingkuhi? Selingkuh mungkin jadi hal yang sangat sulit untuk dimaafkan dan tidak bisa ditolerir dalam hubungan. Ti ...

Hubungan Relasi , Keluarga 7 Tips Menghadapi Kumpul Keluarga Saat Lebaran

Bertemu dan berkumpul bersama keluarga besar memang sudah menjadi tradisi lebaran di Indonesia. Mengunjungi satu sama lain untuk bersilaturahmi dan me ...

Anak Berkebutuhan Khusus , Gangguan Kepribadian , Hubungan Relasi , Kekerasan Fisik / Seksual , Masalah Diri , Masalah Emosi , Seksualitas Berdamai Dengan Kesepian, Akankah Semudah Itu?

Secara umum, kesepian didefinisikan sebagai suatu keadaan di mana kamu sedang sendirian atau menyendiri. Padahal, makna kesepian sebenarnya lebih seri ...

Komentar ( 0 )

Silakan verifikasi email '' untuk menggunakan layanan Ibunda.id