...
background-wave

Syarat dan Ketentuan

Terakhir diubah pada: 24 September 2024

Selamat datang di Platform Ibunda.id. Platform yang dikelola oleh PT Ibunda Sehat Mental, beralamat di Jl. Ampera Raya, Blok Rini No.12A, RT.6/RW.2, Ragunan, Kec. Ps. Minggu Jakarta, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12540. PT Ibunda Sehat Mental merupakan platform sebagai pusat konseling kesehatan mental terpercaya dengan layanan konseling gratis, online, offline, bersama psikolog di Jakarta dan Bandung Terima kasih telah memilih Ibunda.id sebagai mitra dalam menjaga kesehatan mental Anda. Kami berkomitmen untuk memberikan layanan yang terbaik. Agar Anda merasa aman dan nyaman, kami telah menyiapkan syarat dan ketentuan yang jelas. Dokumen ini menjelaskan hak dan kewajiban Anda serta Kami sebagai penyedia layanan konsultasi psikolog online.

  1. Ketentuan Layanan Ibunda.id. Mohon membaca syarat dan ketentuan ini (“Syarat dan Ketentuan”) dengan cermat sebelum mengakses situs https://www.ibunda.id/ (“Situs”) dan aplikasi Wellme by Ibunda.id (“Aplikasi”), Situs dan Aplikasi bersama-sama disebut sebagai (“Platform”), agar Anda mengetahui tentang hak dan kewajiban hukum anda sehubungan dengan PT Ibunda Sehat Mental ("Ibunda.id" atau "Kami"). Syarat dan Ketentuan Layanan ini merupakan perjanjian antara Anda Ibunda.id (“Anda”) sehubungan dengan Layanan ("Layanan") yang kami berikan atau sediakan termasuk (a) Platform, (b) layanan yang disediakan oleh Platform, dan (c) semua informasi, halaman tertaut, fitur, data, teks, gambar, foto, grafik, perangkat lunak, layanan aplikasi (termasuk, dengan tidak terbatas pada, setiap layanan aplikasi mobile) atau materi lainnya yang tersedia melalui Platform atau Layanan terkait ("Konten”)


Dengan mengunjungi, mendaftar, menyetujui secara elektronik (misalnya dengan mencentang atau mengeklik pernyataan “Saya Setuju”) atau mengakses atau menggunakan Layanan Kami, Anda setuju untuk terikat dengan Syarat dan Ketentuan, Kebijakan Privasi, dan Disclaimer dari Kami.  Sebagaimana tersedia pada Platform. Kami berhak untuk mengubah, menambah, memodifikasi dan melengkapi Syarat dan Ketentuan setiap saat dan penggunaan lanjutan dari Situs akan dianggap menerima syarat dan ketentuan yang diubah, ditambah, dimodifikasi atau dilengkapi tersebut.


  1. Perubahan Ketentuan Layanan. Ibunda.id dapat setiap saat mengganti, menambah, atau mengurangi Ketentuan Layanan ini tanpa pemberitahuan kepada Anda terlebih dahulu dengan tetap mengikat Anda untuk setiap penggantian, perubahan, atau pengurangan Ketentuan Layanan. Perubahan tersebut akan diterbitkan kembali pada halaman ini, Anda harus melihat halaman Ketentuan Layanan ini secara berkala untuk tetap mengikuti Ketentuan Layanan yang berlaku dan mengikat Anda.


  1. Anda yang Terdaftar. Layanan pada situs web dan aplikasi tersedia untuk dilihat setiap pengunjung, namun untuk dapat mengakses dan menggunakan setiap layanan yang Kami tawarkan, Anda haruslah melakukan pendaftaran dan melaksanakan pemesanan layanan. Anda harus menggunakan email yang Anda pilih untuk melakukan pendaftaran dan mencantumkan nama asli Anda sebagai nama akun Anda. Sebagai Anda yang terdaftar, Anda diwajibkan untuk mengikuti Ketentuan Layanan ini.


Kami peduli dengan privasi Anda, maka dari itu setelah Anda selesai melakukan pendaftaran, seluruh informasi pribadi yang Anda berikan pada Kami akan Kami tangani dan jaga sesuai dengan Ketentuan Privasi di Indonesia yang merupakan bagian tidak terpisahkan dari Ketentuan Layanan ini.


  1. Melalui platform ini, Anda dapat terhubung dengan para konselor profesional untuk mendapatkan berbagai layanan, seperti konsultasi, nasihat, dan informasi seputar kesehatan mental. 
  2. Layanan yang disediakan oleh platform ini terbatas pada Wellme by Ibunda.id. Yang mana layanan tersebut merupakan layanan konseling yang dapat digunakan oleh individu, pasangan, ataupun keluarga
  3. Pilihan untuk menggunakan layanan konseling dan platform ini sepenuhnya ada pada Anda. Layanan konseling yang diberikan bersifat umum dan tidak dapat menggantikan nasihat medis atau psikologis yang bersifat personal.

  1. Akun hanya dapat digunakan oleh pemilik Akun yang telah diberikan otorisasi untuk mengakses Akun dan tidak bisa dipindahkan atau dialihkan kepada pihak ketiga lainnya yang tidak terotorisasi dengan alasan apapun.
  2. Anda bertanggung jawab untuk menjaga kerahasiaan kredensial login yang digunakan untuk mendaftar pada Aplikasi. Anda bertanggung jawab untuk memberikan informasi pada saat registrasi dengan sebenar-benarnya serta bertanggung jawab sepenuhnya untuk semua aktivitas yang terjadi dengan kredensial tersebut. Jika Anda merasa seseorang telah mendapatkan akses ke Akun Anda, segera hubungi Kami melalui kontak yang tercantum pada akhir Syarat dan Ketentuan ini.
  3. Untuk menjaga keamanan akun Anda, segera laporkan kepada kami jika Anda mencurigai adanya aktivitas mencurigakan. Dengan begitu, kami dapat mengambil tindakan yang diperlukan.
  4. Anda dapat menutup Akun Anda karena alasan apapun sewaktu-waktu. Setelah Akun Anda ditutup, Syarat dan Ketentuan ini akan berakhir kecuali ketentuan-ketentuan yang masih berlaku tanpa jangka waktu tertentu, termasuk pada keamanan, hak kekayaan intelektual, kerahasiaan, penolakan (disclaimer), keseluruhan Syarat dan Ketentuan ini, dan lain-lain.
  5. Kami dapat menangguhkan dan/atau menutup Akun Anda sewaktu-waktu tanpa adanya pemberitahuan terlebih dahulu atas pertimbangan Kami tanpa kewajiban Kami untuk menjelaskan alasannya kepada pihak manapun, termasuk namun tidak terbatas pada pelanggaran apabila Anda:
    a. Melanggar ketentuan dan peraturan pada platform.
    b. Pengalihan penggunaan Akun ke pihak manapun selain pemilik Akun.
    c. Ditemukan adanya percobaan dan/atau tindakan kriminal/kejahatan, baik karena kelalaian maupun kesengajaan Anda dan/atau pihak manapun yang menggunakan Akun Anda.
    d. Dicurigai menggunakan Platform untuk kepentingan dan meraup keuntungan pribadi yang merugikan Kami.
  6. Anda adalah individu di atas 18 (delapan belas) tahun. Dengan membuat akun dan/atau menggunakan Layanan, Anda menyatakan dan menjamin bahwa Anda berusia minimal 18 (delapan belas) tahun dan tidak berada di bawah perwalian atau pengampuan agar Anda secara hukum memiliki kapasitas dan berhak untuk mengikatkan diri pada Syarat dan Ketentuan ini.

Dalam menggunakan Platform, Anda dilarang untuk:

  1. Menggunakan Ibunda.id dalam kondisi atau cara apapun yang dapat membahayakan, menyalahgunakan, merusak, menutup, memodifikasi melumpuhkan, membebani, atau mengganggu server atau jaringan Ibunda.id. Anda juga tidak diperbolehkan untuk mengakses layanan, akun Anda, sistem komputer atau jaringan secara tidak sah, dengan cara hacking, password mining, atau cara tidak sah lainnya
  2. Menyebabkan Hak Akses dapat digunakan oleh pihak lain selain dari Anda, baik dengan cara dipinjamkan, dibagikan, disewakan, dipindahtangankan, atau dengan cara apapun lainnya
  3. Melanggar hak kekayaan intelektual milik Kami atau pihak ketiga manapun yang terdapat dalam situs web
  4. Membuat tiruan dari website maupun sebagian atau seluruh konten, produk, atau layanan dari situs web
  5. Melanggar ketentuan dari perundang-undangan Indonesia;
  6. Menggunakan Layanan dengan tujuan untuk membahayakan, dan/atau merusak citra Ibunda.id
  7. Memungut atau mengumpulkan informasi apapun tentang atau mengenai Anda atau pemegang Akun lain, termasuk, dengan tidak terbatas pada, data atau informasi pribadi apapun
  8. Meminta kata sandi dan/atau mencoba memperoleh kata sandi untuk tujuan apa pun atau informasi pengenal diri dari anggota lain untuk tujuan komersial atau melanggar hukum, atau menyebarluaskan informasi pribadi orang lain tanpa izin.
  9. Menggunakan akun pengguna lain dan/atau berbagi Akun dengan Anda lain

  1. Anda bertanggung jawab untuk menjaga kerahasiaan kredensial login yang digunakan untuk mendaftar pada Platform. Anda bertanggung jawab untuk memberikan informasi pada saat registrasi dengan sebenar-benarnya serta bertanggung jawab sepenuhnya untuk semua aktivitas yang terjadi dengan kredensial tersebut. Jika Anda merasa seseorang telah mendapatkan akses ke Akun Anda, segera hubungi Kami melalui kontak yang tercantum pada akhir Syarat dan Ketentuan ini.

  2. Anda memahami, menyetujui dan menerima bahwa segala penggunaan atas Platform oleh Anda akan tunduk pula pada Ketentuan Privasi sebagaimana dapat diubah sewaktu-waktu.

  3. Anda setuju bahwa: 

  1. Ibunda.id hanya menyediakan opsi untuk Anda berkonsultasi dengan para konsuler. Anda bertanggung jawab atas kesehatan Anda sendiri. Informasi yang diberikan dalam layanan konsultasi online ini tidak boleh dijadikan satu-satunya dasar untuk mengambil keputusan terkait kesehatan Anda. Selalu konsultasikan dengan profesional kesehatan yang berkualifikasi sebelum membuat keputusan penting. 

  2. Layanan yang kami berikan terbatas pada konsultasi psikologis online. Kami tidak memberikan layanan medis, termasuk resep obat atau prosedur medis lainnya. Jika Anda mengalami gejala fisik atau mental yang serius, segera cari bantuan medis profesional.

  3. Platform ini tidak dirancang untuk menangani situasi darurat seperti tindakan yang membahayakan diri sendiri atau orang lain. Jika Anda atau orang lain dalam bahaya, segera hubungi nomor darurat setempat

  1. Apabila berdasarkan kebijakan Kami, Kami memberikan hadiah, voucher, ataupun berbagai bentuk promosi lainnya (“Promo”) yang dapat ditukar untuk manfaat terkait dengan penggunaan Layanan, Anda setuju bahwa Anda hanya berhak menggunakan Promo tersebut dengan tunduk segala ketentuan yang berlaku dalam Promo tersebut dan tidak akan menyalahgunakan, menggandakan, menjual atau mengalihkan Promo tersebut dengan cara apapun. Anda juga memahami bahwa Promo tidak dapat ditukarkan dengan uang tunai dan dapat berakhir pada tanggal dan waktu tertentu, bahkan walaupun Anda belum menggunakannya.

  2. Anda mengakui dan memahami bahwa harga Produk yang ditampilkan di Platform dapat berubah dari waktu ke waktu sesuai harga yang ditetapkan oleh Kami.

  1. Anda dapat memilih layanan yang kami sediakan sesuai kebutuhan Anda, kemudian dilanjutkan dengan pemilihan psikolog beserta jadwal konseling

  2. Anda akan diarahkan ke halaman pembayaran dalam aplikasi atau website ibunda.id untuk menyelesaikan transaksi. Proses pembayaran ini akan terintegrasi dengan API dari midtrans.

  3. Setelah pembayaran berhasil, pelanggan akan menerima konfirmasi pembayaran melalui email atau notifikasi dalam akun.

  4. Perusahaan Kami, karyawan, agen, dan afiliasi Kami tidak akan bertanggung jawab atas kegagalan apa pun dalam sistem gerbang pembayaran, penipuan internet, aktivitas peretasan, phishing, dan/atau aktivitas serupa apapun, yang bersangkutan dengan transaksi tersebut.

  5. Kami tidak bertanggung jawab atas kerugian finansial atau kerugian lainnya yang diderita oleh Anda karena:

  1. Keterlambatan, kegagalan, gangguan, atau kerusakan data atau informasi lain yang dikirimkan sehubungan dengan penggunaan gerbang pembayaran atau Layanan sehubungan dengannya; dan/atau

  2. Setiap gangguan atau kesalahan dalam pengoperasian gerbang pembayaran

  1. Anda setuju, memahami dan menegaskan bahwa data pribadi Anda termasuk namun tidak terbatas pada rincian yang berkaitan dengan kredensial pembayaran yang dikirimkan melalui Internet mungkin rentan terhadap penyalahgunaan, peretasan, pencurian dan/atau penipuan dan bahwa Kami tidak memiliki kendali atas hal-hal tersebut.

  2. Meskipun semua upaya yang wajar telah Kami ambil untuk menjaga keamanan terhadap penggunaan yang tidak sah dari setiap informasi yang dikirimkan oleh Anda, Kami tidak menyatakan atau menjamin bahwa penggunaan Layanan yang Kami sediakan tidak akan mengakibatkan pencurian dan/atau penggunaan yang tidak sah dari data melalui Internet.

  3. Anda mungkin akan diminta untuk login user id, password, dan/atau PIN sendiri untuk menggunakan gerbang pembayaran. Dengan menerima Syarat dan Ketentuan ini, Anda setuju bahwa user id, password, dan/atau PIN-nya adalah informasi yang rahasia dan merupakan tanggung jawab Anda sendiri untuk menjaga keamanan dan kerahasiaannya. Selanjutnya, Anda setuju untuk:

  1. Memilih kata sandi baru ketika diperlukan untuk alasan keamanan.

  2. Jaga kerahasiaan user id, password, dan/atau PIN.

  3. Bertanggung jawab atas setiap transaksi yang dilakukan oleh Anda berdasarkan user id, password, dan/atau PIN tersebut.

  1. Layanan dalam Aplikasi dan/atau Website Kami dapat memuat iklan atau promosi yang ditawarkan oleh pihak ketiga serta tautan ke situs web atau sumber daya lainnya. Kami tidak bertanggung jawab atas ketersediaan (atau ketidaktersediaan) situs web atau sumber daya eksternal tersebut. Apabila Anda memilih untuk berinteraksi dengan pihak ketiga yang tersedia melalui Layanan kami, ketentuan pihak tersebut akan mengatur hubungan mereka dengan Anda. Kami tidak bertanggung jawab atas ketentuan dan tindakan pihak ketiga.

  2. Layanan Kami mungkin berisi tautan ke situs web atau layanan pihak ketiga yang tidak dimiliki atau dikendalikan oleh Kami.

  1. Kami tidak memiliki kendali atas, dan tidak bertanggung jawab atas konten, kebijakan privasi, jam operasional, atau praktik situs web atau layanan pihak ketiga mana pun. Anda selanjutnya mengakui dan setuju bahwa Kami tidak akan bertanggung jawab atau berkewajiban, secara langsung atau tidak langsung, atas kerusakan atau kerugian yang disebabkan atau diduga disebabkan oleh atau sehubungan dengan penggunaan atau ketergantungan pada konten, barang, atau layanan apa pun yang tersedia di atau melalui situs web atau layanan tersebut.

  2. Kami sangat menyarankan Anda untuk membaca syarat dan ketentuan dan kebijakan privasi dari situs web atau layanan pihak ketiga mana pun yang Anda kunjungi.

  1. Demi menjaga kualitas layanan dan kenyamanan pengguna, kami berhak untuk menghentikan akses Anda ke layanan kami secara sementara atau permanen tanpa pemberitahuan sebelumnya. Tindakan ini dapat dilakukan jika Anda:

  • Melanggar Syarat dan Ketentuan yang berlaku

  • Melakukan tindakan yang merugikan atau mengganggu pengguna lain

  • Menggunakan layanan untuk tujuan yang melanggar hukum

  1. Setelah pengakhiran, hak Anda untuk menggunakan Layanan akan segera dihentikan.

Keseluruhan dari Aplikasi dan Situs termasuk namun tidak terbatas pada, nama, logo, coding program, desain, tampilan, konten, merek dagang, teknologi, database, source code,  proses dan model bisnis dilindungi oleh hak cipta, merek, paten dan hak kekayaan intelektual lainnya yang diatur berdasarkan hukum Republik Indonesia dan hanya dimiliki oleh Kami. Kami memiliki seluruh hak dan kepentingan atas platform, termasuk seluruh hak kekayaan intelektual terkait dengan seluruh fitur yang terdapat didalamnya. Anda tidak berhak untuk mengubah salinan dalam bentuk fisik maupun digital dari kekayaan intelektual apa pun yang telah Anda unduh atau cetak dengan cara apa pun, dan Anda tidak boleh menggunakan ilustrasi, foto-foto, potongan video atau audio, maupun grafis lain secara terpisah dari teks pendampingnya. Anda tidak berhak untuk menggunakan materi dan/atau konten yang telah Anda dapatkan untuk kepentingan selain dari diri Anda pribadi baik secara komersial maupun nonkomersial.


  1. Kami bertindak sebagai penyedia platform untuk menghubungkan Anda dengan para Konsuler, sehingga tidak memiliki hubungan hukum atau profesional dengan Anda atau konsuler dalam konteks layanan konsultasi ini. Kami tidak bertanggung jawab atas segala bentuk perjanjian, kesepakatan, atau hasil yang timbul dari interaksi Anda dengan konsuler.
  2. Kami selalu berusaha untuk menyediakan layanan yang bermanfaat melalui platform Kami. Namun, Kami paham bahwa Kami tidak dapat sepenuhnya menjamin ketepatan waktu, akurasi, kesesuaian, kualitas, keamanan, dan kenyamanan dari platform Kami akan selalu sesuai dengan keinginan dan ekspektasi Anda. Kami akan mengusahakan sebisa mungkin keamanan dan kenyamanan Anda dalam menggunakan platform Kami, tetapi Kami tidak dapat menjamin bahwa platform Kami akan selalu aman maupun terbebas dari bug, virus, ataupun serangan siber. 
  3. Kami menyediakan Platform dan Layanan berdasarkan “sebagaimana adanya” dan “sebagaimana tersedia”. Kami tidak dapat memberikan pernyataan dan menjamin bahwa penggunaan Platform dan informasi apapun (i) tidak akan terganggu atau aman (ii) bebas dari ketidakakuratan atau kesalahan (iii) akan beroperasi dengan perangkat keras atau perangkat lunak lain yang anda gunakan. Kami tidak memberi jaminan selain yang dibuat secara tersurat dalam Syarat dan Ketentuan ini, dan dengan ini menolak setiap semua jaminan yang tersirat termasuk tanpa pembatasan.
  4. Platform dapat diinterupsi oleh kejadian di luar kewenangan atau kemampuan Kami, keadaan tersebut termasuk namun tidak terbatas pada bencana alam, gangguan listrik, gangguan telekomunikasi, kebijakan pemerintah, peretasan (hacking), permasalahan pada server, gangguan pada Layanan yang disediakan pihak ketiga, dan lain-lain ("Keadaan Kahar"). Anda setuju untuk membebaskan Kami dari setiap tuntutan ganti rugi secara materil maupun immateril dan tanggung jawab dalam bentuk apapun jika Kami tidak dapat memfasilitasi Layanan, termasuk memenuhi instruksi yang Anda berikan melalui Aplikasi dan/atau Website, baik sebagian maupun seluruhnya karena suatu Keadaan Kahar.
Jika Anda memiliki kekhawatiran atau perselisihan tentang Layanan, Anda setuju untuk terlebih dahulu mencoba menyelesaikan perselisihan secara informal dengan menghubungi Kami terlebih dahulu. Dalam hal perselisihan tersebut tidak dapat diselesaikan melalui musyawarah dalam jangka waktu 30 (tiga puluh) hari sejak diterimanya pemberitahuan tertulis mengenai adanya perselisihan tersebut diterima oleh Kami, maka perselisihan tersebut akan diselesaikan melalui proses arbitrase yang diselenggarakan oleh Badan Arbitrase Nasional Indonesia (“BANI”) 

  1. Syarat dan Ketentuan ini beserta keseluruhan Perjanjian diatur dan ditafsirkan menurut hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Negara Republik Indonesia.
  2. Jika ada ketentuan dari Syarat dan Ketentuan yang dianggap tidak dapat dilaksanakan atau tidak sah, ketentuan tersebut akan diubah dan ditafsirkan untuk mencapai tujuan ketentuan tersebut semaksimal mungkin berdasarkan hukum yang berlaku dan ketentuan lainnya akan terus berlaku dan berlaku penuh.
  3. Kami berhak, atas kebijakan Kami sendiri, untuk mengubah atau mengganti Syarat dan Ketentuan ini setiap saat. Jika perubahan tersebut bersifat substansial, Kami akan melakukan upaya yang wajar untuk memberikan pemberitahuan kepada Anda sebelum persyaratan baru berlaku. Hal-hal yang merupakan perubahan substansial akan ditentukan atas kebijakan Kami sendiri.
  4. Dengan terus mengakses Platform atau menggunakan Layanan Kami setelah perubahan tersebut berlaku efektif, Anda setuju untuk terikat dengan ketentuan yang yang baru. Jika Anda tidak menyetujui persyaratan baru, seluruhnya atau sebagian, harap berhenti menggunakan Situs, Aplikasi, dan/atau Layanan Kami.

Jika Anda memiliki pertanyaan tentang Syarat dan Ketentuan ini, Anda dapat menghubungi kami melalui email: businessoperations@ibunda.id atau Nomor: 085161202598.